Peran Guru Pendidik Agama Kristen Dalam Moderasi Beragama

Authors

  • Sarah Erwati STT Injili Indonesia Medan
  • Berta Br Tarigan STT Injili Indonesia Medan
  • Lamtiur Pasaribu STT Injili Indonesia Medan

Keywords:

moderasi beragama, peran guru, pendidik agama kristen

Abstract

Guru adalah pendidik yang memiliki peran untuk mengajar, mendidik, membimbing siswa. Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Dalam arti sederhana pembelajaran adalah proses belajar dan mengajar antara siswa dan guru. Permasalahan yang terkait dengan radikalisme di Indonesia menjadi hal mendasar yang melatarbelakangi penelitian ini. Tingkat intensitas radikalisme di Indonesia menjadi ancaman bagi kemajemukan Indonesia, dan diperlukan usaha yang besar untuk tetap merawat kebhinekaan di Indonesia. Dalam hal ini peran seorang guru agama sangat menentukan untuk keberhasilan menjaga kebhinekaan. Guru agama Kristen memiliki peran penting dalam membentuk bahkan mengembangkan kecerdasan manusia mulai dari kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual. Dari ketiga kecerdasan tersebut, kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi. Dalam pembelajaran, kecerdasan spiritual dikembangkan melalui pembelajaran agama, sehingga guru pendidikan agama berperan dalam kecerdasan spiritual siswa. Keragaman Indonesia yang terdiri dari tiga puluh tujuh pulau, dan memiliki enam agama yang dianut oleh Masyarakat Indonesia seperti: Kristen Protestan, Islam, Katolik, Khonghucu dan Budha. Perbedaan inilah yang membuat negara Indonesia kaya akan ragam bahasa, budaya, dan perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut juga dapat menimbulkan ketegangan, konflik dan menjadi ancaman perpecahan. Umat ​​Kristiani memiliki iman yang ekslusif, karena hanya ada satu jalan menuju surga, namun mereka memiliki sikap yang inklusif, meskipun berbeda sudut pandang namun tetap menghargai perbedaan

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles